Sabtu, 05 Maret 2011

Ermy Kullit, Selena Jones Indonesia


Nama lengkapnya Ermy Maryam Nurjannah Kullit. Namun salah satu penyanyi Indonesia 80-an ini lebih dikenal dengan nama Ermy Kullit. Sejak kecil Ermy telah menunjukkan bakat menyanyi. Di usia yang masih belia, Ermy telah sering unjuk kebolehan di pesta-pesta ulang tahun dan perkawinan kerabatnya di tanah kelahirannya, Manado. Namun penampilan profesionalnya baru dimulai kelas 3 SMP setelah Ermy sering tampil di panggung-panggung terbuka secara tunggal maupun bersama band pengiring untuk mengadakan show-show di Kota Manado dan sekitarnya.

Karier profesional mulai digeluti secara serius dengan hijrah ke Jakarta. Bersama penyanyi Indonesia era 80-an lainnya, Melky Goeslaw ia mengisi acara musik di Hotel Marcopolo. Di tempat ini pula Ermy banyak belajar dari seniornya. Rekaman pertamanya adalah dalam bentuk piringan hitam pada tahun 1974. Ermy sempat menyanyi di beberapa tempat sebelum akhirnya bertolak ke Malaysia, Singapura, dan Bangkok.

Ermy kembali ke Indonesia pada tahun 1981 dan bernyanyi di beberapa hotel berbintang sebelum akhirnya memilih menyanyi di Jaya Pub, milik pasangan aktris dan aktor terkenal Rima Melati dan Franz Tumbuan. Di tempat ini pula Ermy kerap menyanyikan lagu Salena Jones, penyanyi jazz legendaris dari Amerika Serikat. Dari situ ia mendapat julukan Selena Jones Indonesia. Dari seringnya menyanyikan lagu-lagu jazz, beruntunglah dia kemudian bertemu dengan pencipta lagu dan pemusik jazz, Ireng Maulana yang di kemudian hari tak hanya mitra kerja tapi juga menjadi pembimbingnya dalam bermusik.

Ermy empat merekam sejumlah album, namun namanya baru melejit untuk pertama kalinya berkat lagu Kasih yang ditulis Richard Kyoto pada tahun 1986. Sejak mulai berkarier di tahun 1973, Ermy tercatat telah menelurkan lebih dari 20 album. Dan ini dia lagu Indonesia 80 dari Ermy Kullit yang bisa kita nikmati: Pasrah, Sesal, Rela, Kecupan Pertama.

0 komentar:

Poskan Komentar