Rabu, 21 Juli 2010

Vina Panduwinata, si Burung Camar



Nama lengkapnya Vina Dewi Sastaviyana Panduwinata, putri seorang diplomat yang lebih banyak menghabiskan masa kecil dan remajanya di berbagai negara mengikuti penugasan orang tuanya. Yup, dialah pemilik suara seksi, Vina Panduwinata. Lahir di Bogor, Jawa Barat, Vina menghabiskan masa sekolah dasarnya di kota hujan tersebut dan di New Delhi, India. SMP dia lewati di Bogor dan Wassenaar, Belanda. Sementara masa sekolah menengah atas, Vina pindah ke Jerman Barat. Disinilah salah satu penyanyi Indonesi era 80-an ini sempat membuat rekaman single di perusahaan rekaman RCA Hamburg, Jerman, Java dan Single Bar (1978) dan Sorry Sorry dan Touch Me (1979).

Saat kembali ke tanah air, wanita berdarah Sunda-Manado-Ambon ini bertemu dengan musisi Mogi Darusman. Mogi langsung tertarik dengan karakter vokal Vina lalu mempromosikannya ke berbagai perusahaan label rekaman. Alhasil tahun 1981 meluncurlah album perdananya bertajuk Citra Biru di bawah label Jackson Record. Perhatian masyarakatpun langsung terpusat pada penyanyi sarat prestasi ini dan Majalah Gadis menganugrahinya sebagai Penyanyi Wanita Terbaik.

Album kedua dirilis setahun kemudian bertajuk Citra Pesona (1982) yang melibatkan pencipta lagu seperti Dodo Zakaria, James F Sundah, plus penata musik Addie MS. Album yang mulai melambungkan nama Vina itu berisi lagu antara lain September Ceria dan Dunia Yang Kudamba. Album ketiga Citra Ceria (1984) pun berhasil merengkuh simpati dengan lagu Di Dadaku Ada Kamu, Duniaku Tersenyum, dan Diantara Kita. Berikutnya, lewat albumnya Burung Camar (1985), namanya semakin mencuat. Lagunya dengan judul yang sama dalam album tersebut menjadi icon dirinya, dengan sebutan 'Vina si Burung Camar'.

Selain menelurkan sejumlah album, Vina juga berhasil menyabet sejumlah penghargaan. Diantaranya Penyanyi pada RCA, Hamburg, Jerman (1978-1979) dan Penampil terbaik pada tiga Festival Lagu Populer Nasional berturut-turut pada tahun 1983 (lagu Salamku Untuknya), 1984 (lagu Aku Melangkah Lagi), 1985 (lagu Burung Camar). Pada tahun yang sama Vina mewakili Indonesia untuk mengikuti Festival Lagu Pop Internasional Tokyo. Di ajang tersebut, wanita kelahiran 6 Agustus 1959 ini mendapat penghargaan sebagai Pembawa lagu terbaik untuk lagu Burung Camar. Masih pada tahun 1985, Vina menjadi Peserta Asia Pacific Broadcasting Union Pop Song Contest di Singapura (1985).

Pada 18 Februari 2006, setelah 25 tahun malang melintang di industri musik Indonesia, Vina menggelar konser tunggal yang bertajuk Viva Vina di Jakarta Convention Center. Pada tahun ini pula AMI memberinya Lifetime Achievement AMI Awards.

dari berbagai sumber

0 komentar:

Poskan Komentar